Feeds RSS

Welcome To My Blog

Hopefully you can find what you need today!

Makalah Internet


Pengertian Internet


Apa itu Internet? Mari coba kita jabarkan Pengertian dari Internet.

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.


Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.






Sejarah Internet


Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.




Perkembangan Internet Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah internet.


Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.








Perangkat Penghubung Ke Internet 

Untuk terhubung ke internet kita membutuhkan Internet Service Provider (ISP). Ada puluhan ISP yang beroperasi di Indonesia, diantaranya mengkhususkan diri melayani koneksi perorangan (personal) dan ada juga yang khusus melayani koneksi untuk bisnis dan korporat. PT Lintasarta dengan nama IdOLA merupakan ISP yang layananannya menjangkau seluruh Indonesia

Biasanya ISP akan menyediakan suatu sentral (node) di kota tertentu, dimana node ini akan
melayani akses sambungan dari pelanggannya. Pelanggan akan terhubung ke node melalui
berbagai macam cara seperti melalui kabel, frekuensi radio (wireless) dan juga satelit.

Kita perlu juga mengetahui perangkat keras apa saja yang dipakai untuk terhubung ke internet. Bermacam-macam jenis perangkat yang digunakan pada jaringan pada saat ini dengan kemampuan yang berbeda-beda.Berikut contoh-contohnya:


1. Modem
Modem biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke Node ISP. Ada berbagai jenis
modem saat ini :




- Modem Dial-up biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan melalui
saluran telpon. Kebanyakan orang menggunakan modem dial-up untuk menghubungkan
komputer ke kantor atau ke Internet. Saat ini banyak orang orang memanfaat modem dial-up
karena jangkauan saluran telepon yang cukup luas, namun kelemahannya adalah
kecepatannya terbatas sampai dengan 56Kbps.

- Modem Cable biasa digunakan untuk koneksi ke Internet melalui ISP memanfaatkan jaringan
kabel perusahaan TV Kabel untuk layanan siaran TV. Saat ini jangkauan layanan ini sangat
terbatas, hanya di kota-kota besar, karena dibutuhkan investasi yang cukup besar untuk
menjangkau seluruh lokasi di indonesia. Umumnya kelemahan koneksi Internet lewat Kabel
TV adalah penggunaan kabel jaringan yang dibagi ke banyak pelanggan sehingga
kecepatannya tidak stabil.

- Modem DSL biasa digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan atau Internet
melalui kabel telepon. Perbedaan utama dengan modem dial-up adalah pada modem dial-up
harus menggunakan saluran sarana telepon publik, sedangkan pada modem DSL bisa
menggunakan kabel telepon tanpa harus melalui saluran sarana telpon publik. Keunggulan
koneksi menggunakan DSL adalah kecepatan yang stabil dan sanggup memberikan
kecepatan tinggi (Broadband). Saat ini PT. Lintasarta telah melakukan perluasan jangkauan
penyediaan DSL ke Gedung-gedung tinggi dan Mal perbelanjaan


2. Router
Sebuah router akan menghubungkan dua buah jaringan, menyalurkan data dan mencegah trafik
data yang tidak diperlukan masuk ke jaringan. Dalam hal ini mirip dengan polisi lalu lintas yang
mengatur arah dan tujuan kendaraan. Router akan memastikan data yang dikirim sampai di
tujuan dan akan memilih rute terbaik untuk sampai ditujuan. Router juga akan memilah-milah
data dikirim, dimana data yang ditujukan antara sesama komputer dalam satu LAN tidak akan
diteruskan ke WAN untuk efisiensi penggunaan saluran. Penggunaan router untuk koneksi
internet biasanya setelah (dibelakang) modem dan biasanya digunakan apabila ada beberapa
terminal (PC) ingin terkoneksi ke internet secara bersamaan dengan menggunakan sebuah
modem


3. Hub
Sebuah hub akan menghubungkan perangkat-perangkat (PC) dalam satu LAN. Hub memiliki
port-port yang akan dikoneksikan ke masing-masing komputer. Setiap komputer bisa
berkomunikasi dengan lainnya melalui port tersebut. Hub memiliki 4 buah port sampai dengan 64 port atau bisa lebih, dengan harga yang berbeda-beda. Kelemahan dari Hub adalah pada saat
sebuah komputer sedang mengirim data, maka seluruh komputer pada hub tersebut tidak boleh
mengirim data agar tidak bertabrakan dan data yang dikirim dari satu port akan diteruskan ke
semua port, hal ini menyebabkan efisiensi penggunaan saluran menjadi rendah, sekitar 30%.
Untuk koneksi ke internet biasanya HUB digunakan setelah (dibelakang) Router karena biasanya router memiliki keterbatasan jumlah port untuk terkoneksi ke Terminal-terminal (PC)


4. Switch
Switch mempunyai fungsi yang sama dengan hub, hanya saja mempunyai kemampuan yang
lebih baik. Switch akan membagi-bagi waktu pengiriman data pada tiap-tiap port dan mengatur
asal dan tujuan pengiriman data antar port. Jika pada hub, data yang dikirim dari satu port akan
disebar ke semua port, maka pada switch data yang dikirim dari satu port akan dibaca terlebih
dahulu tujuannya untuk disampaikan ke port yang dituju, sehingga efisiensi penggunaan saluran
menjadi tinggi. Efisiensi yang tinggi menyebabkan kecepatan pengiriman data lebih baik
dibanding dengan hub.





Manfaaf Dari Internet













Internet kita kenal sebagai media penyaji informasi yang sangat luas, bebas dan sepertinya tanpa aturan. Informasi yang disajikan bahkan sangat beragam. Sepertinya, informasi apapun yang kita inginkan, internet mampu menyediakannya. Berikut ini manfaat-manfaat dari internet:

Untuk pebisnis, internet bisa digunakan untuk transaksi online, berkomunikasi dengan relasi yang ada di luar negeri dengan menggunakan VOIP (Voice Over Internet Protocol), email, atau sekedar text chat saja. Mencari informasi tentang peluang-peluang bisnis baru yang mungkin bisa ia kembangkan.

Untuk siswa atau mahasiswa, banyak sekali portal yang menyediakan media untuk pengembangan ilmu pengetahuan mereka. ilmukomputer, e-edukasi, dan masih banyak lagi.

Mencari lowongan pekerjaan di dalam ataupun diluar negeri, sekedar membagi informasi tentang hobi kita, mencari tahu tentang resep masakan, bahkan hingga memanfaatkan media internet untuk mempublikasikan perusahaan kita, memanfaatkan internet sebagai sumber ekonomi kita dengan mengikuti program afiliasi misalnya.

Manfaat Internet untuk Penanggulangan Bencana Alam
Begitu banyak bencana alam yang terjadi di negeri ini, tsunami, banjir, longsor, angin
putting beliung dan bencana lainnya. Lalu apa yang Internet bisa lakukan untuk
menanggulangi berbagai bencana alam yang terjadi?
Internet memiliki peran yang tidak kecil dalam proses penanggulangan bencana
alam, seperti halnya pada saat bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh di akhir
tahun 2004 dimana seluruh sarana komunikasi terputus pada waktu itu. Internet menjadi
media yang pertama kali menghubungkan Aceh dengan dunia luar, sehingga beragam
informasi dari Aceh bisa dipublikasikan ke luar Aceh.

Sebagai Media Pendidikan
Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu
a. sebagai media interpersonal dan massa;
b. bersifat interaktif,
c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Penggalangan Dana di Internet
Penggalangan dana bantuan pun bisa dilakukan melalui internet. Situs ritel
Amazon.com saja mampu mengumpulkan lebih dari lima puluh ribu dermawan. Lebih dari
US$ 3,5 juta (Rp 32,6 miliar) akan disumbangkan lewat organisasi palang merah di Amerika
Serikat. Contoh lainnya adalah seperti yang dilakukan oleh Tim AirPutih, menggalang bantuan
dari berbagai pihak melalui media website. Walhasil, komunitas Teknologi Informasi (TI)
tergerak dan memberikan berbagai macam bantuan baik berupa peralatan telekomunikasi,
komputer, dan lain sebagainya yang digunakan untuk proses penanggulangan bencana.

Mencari Orang Hilang di Internet
Selain sebagai media menyalurkan dana bantuan, internet juga dimanfaatkan sebagai
sumber informasi mencari orang hilang. Situs BBC, misalnya, memungkinkan seorang warga
negara Belanda bernama Rob Delissen untuk melacak keluarganya yang ada di pulau Koch
Racha Yai. Pulau tersebut terletak di bagian selatan dari Phuket, Thailad, salah satu daerah
korban tsunami. Begitu juga Situs MediaCenter AirPutih, memungkinkan seseorang yang
berada di kuala lumpur untuk melacak keluarganya yang berada di Aceh sehingga bisa
mengetahui keberadaannya di posko tim relawan INTI dan bisa menemuinya di posko,dll

Garis besar dari manfaat internet :
•arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat,
•kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,
•aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,
•daya tampung meningkat,
•adanya standardisasi pembelajaran,
•meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.

>ucifairuzleesunkyu.blogspot.com<






SNSD

Loading...

Good Bye Thank's for visit

Celebrity Gossip